Friday, December 11, 2015

Membuat Aplikasi Android

Tags

PART 2

Belajar membuat aplikasi HelloHadi (hadi nama saya anda bisa ganti sesuai nama anda asal jangan nama mantan XD)


Kita akan membuat aplikasi menampilkan sebuah text pada layar HH, disini kita tidak membuat langsung aplikasi seperti pemutar mp3 atau yang lainya, hanya sebatas pengenalan fungsi dari bagian – bagian dari tiap file. Jika kita langsung ke pembuatan aplikasi sperti pemutar musik dll, di pastikan anda MABOK CODINGAN. :D

Buat yang mau PDF nya download disini

1. Pertama buat sebuah Projek Baru. Klik FILE – Android Application Project.

2.  Isi form sesuai nama projek anda, terserah anda mau kasih nama apa.


3. di bagian ini membuat ikon dan activity (ceklis jika setuju), saya sarankan di samakan.



4. ini bagian pembuatan ICON aplikasi anda, silahkan upload gambar yang anda mau.



5. Pilih jenis tampilan activity.


6. Memberi nama Activity dan Layout, isi sesuai yang anda mau. Klik Finish!




# Perhatikan gambar di bawah ini adalah Root Foolder file dari projek kita. File “Hello.java” akar dari file src “R.java” akar file gen. Dll



coba buka folder “SRC” double kllik di file java “hello.java”. tampilanya seperti di bawah ini.


“activity adalah basic class user interface.  Coba  perhatikan baris code di atas terdapat tulisan “onCreat”. Oncreat adalah sebuah codingan untuk memanggil “contentview”. Sedangkan contenview memanggil file “main.xml”. main.xmml adal user interface.

Coba double klik file “main.xml” yang berada di root folder, maka tampilan sebagai berikut.


Coba perhatikan text yang saya block”@string/hello_world”, ini adalah codingan pemanggil text “hello World!” berasal dari file “string”.

Sekarang coba double klik file string.xml, perhatikan tampilan di bawah ini.



Text yang di block coba ganti sesuai yang anda mau. Disini saya mengganti text dengan “hello gua hadi” dan run program.

Perhatikan gambar di bawah ini adalah tampilan aplikasi di HH android virtual.



Coba klik aplikasi yang anda buat, maka seperti ini tampilanya.



Oke selesai! :D
Untuk tutor selanjutnya saya sambung di part 3. Maaf jika ada yang kurang saya juga masih dalam tahap belajar. Bagi agan-agan yang sudah mahir bisa memberi masukan buat saya untuk memperbaiki di tulisan saya selanjutnya semoga bermanfaat. Wasalam :D







Artikel Terkait


EmoticonEmoticon